Pages

Tuesday, June 27, 2006

SMU NEGERI I CISARUA

Untuk tempat belajar, sudah pasti dibutuhkan suasana yang tenang, nyaman jauh dari kebisingan serta berbagai polusi. Semua syarat itu sudah dipenuhi oleh SMU kita, SMUN 1 Cisarua. Ditambah dengan letaknya yang strategis, relatif mudah dijangkau baik oleh kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari berbagai jurusan, misalnya dari jurusan Padalarang-Cisarua, Cimahi-Cisarua, bahkan Lembang-Cisarua dan dari kota bandung sendiri pun pasti nyampe. Swear!

Kilas balik SMU kita yang cuma satu-satunya di Cisarua ini berdiri sejak tahun 1987 sebagai hasil musyawarah tokoh-tokoh masyarakat yang dipelopori oleh Bapak T.Syarifudin, camat Cisarua saat itu. Awalnya sekolah ini merupakan filial dari SMUN 1 Lembang dengan kepseknya waktu itu Bapak RE Sutarsa. Di tahun pertamanya, sekolah kita menerima murid sebanyak 200 siswa dan menempati bangunan SD Karyawangi yang ada di wilayah Parongpong.

Dua tahun kemudian, dengan dana yang diperoleh dari BP3, SMUN 1 CISARUA berhasil membangun dua bangunan sekolah berlokasi tepat dibelakang rumah Dra. Noerbaini rahim, yang menggantikan camat sebelumnya.


Berkat bantuan tanah yang dihibahkan Departemen Sosial, pada tahun 1993 SMU kita memiliki tanah seluas kurang lebih 1 ha. Pada tahun itu pula dibangun unit gedugn baru unuk SMU kita dengan lokasi di wilayah Cisarua. Itulah sebabnya maka kegiatan belajar pun dialihkan dari Parongpong ke sini, cisarua tercinta.

Satu tahun berikutnya, tepat pada tanggal 22 Desember 1994 SMUN 1 CISARUA diresmikan sebagai unit gedung baru oleh Bapak Kepala Kanwil Propinsi Jawa Barat, Drs. H.S. Yusupadi sesuai dengan SK Mendikbud No. 0260/0/1994 tanggal 5 Oktober 1994 pada tahun itu juga mulai diperkenalkan kepada khalayak 2 kelompok siswa, yaitu siswa reguler (umum) dan siswa asrama (plus).

Siswa asrama adalah siswa pilihan yang berprestasi dari berbagai dari berbagai kabupaten di Jawa Barat. Sedangkan siswwa reguler adalah pelajar biasa yang masuk ke sekolah ini melalui proses penyaringan NEM seperti halnya di sekolah lainnya. Perbedaan lainnya, siswa asrama diasramakan dengan segala fasilitasnya, sedangkan siswa umum menerima fasilitas dari orang tuanya masing-masing.

Sampai tahun 2000 perjalanan kepemimpinan di SMUN 1 CISARUA telah mengalami pergantian kepala sekolah sebanyak 7 kali dengan pengangkatan terakhir pada tanggal 5 juli 2000 yaitu Bapak Drs. Otong Ahmad Fathoni, M.B.A sebagai kepala sekolah.

SMUN 1 CISARUA sebagai lembaga pendidikan formal, dewasa ini tengah berupaya merealisasikan tujuan pedidikan seperti yang tertuang dalam GBHN. SMU kita terus berusaha mendidik, mengajar dan melatih siswanya agar bisa meningkat ketakwaan, kecerdasan, dan keterampilannya serta tinggi budi pekertinya, kuat kepribadiannya, juga mampu membangun diri dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

Untuk mewujudkannya, berbagai aktifitas telah, diantaranya :
1. Memantapkan pelaksanaan kurikulum
2. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidkan dlm rangka memberikan pelayanan yang bermutu bagi siswa
3. Mengakomodasikan dan mengimplementasikan berbagai kegiatanekstrakurikuler.

Dengan mengikutsertakan pelajar dalam berbagai kegiatan yang bersifat kemasyarakatan seperti PMR, Pramuka, Olahraga, kesenian dan lain-lain.

Dalam rentang waktu yang perjalanan dari sejak berdiri hingga saat ini telah banyak prestasi yang yang diraih berkat keaktifan sekolah yang mengikutsertakan siswa-siswanya dalam berbagai kegiatan atau perlombaan, dari tingkat desa sampai tingkat propinsi. Nah, darinya lah kontribusi untuk sekolah dalam hal prestasi kerap membanggakan, antara lain :

Juara I lomba MTQ remaja HUT RI KE 50
Juara I lomba baca puisi remaja HUT RI ke 50
Juara I Vocal Grup
Penghargaan sebagai Pembawa Acara Terbaik Tingkat SLTA lomba TUS Tk. Kab.Bandung 1995
Juara I kaligrafi tingkat SLTA HUT RI ke 51
Juara I lomba tata upacara tingkat SLTA se-kabupaten bandung
Juara II English Speech Contest antar SLTA se-Bandung Raya
Juara III siswa teladan putra tingkat propinsi tahun 1997
Juara III lomba cerdas cermat tingkat SMU TVRI Bandung se-Bandung Raya
Juara I Engkish Quiz Contest se-Jawa Barat

Go Internasional
Disamping itu, perlu diukir dalam catatan prestasi di SMU kita, bahwa ada dua orang siswa kita yang meneruskan belajarnya di negeri yaitu negeri kincir angin (Belanda) dan negeri matahari terbit (Jepang). Mereka berhasil melanjutkan studi ke mancanegara setelah sukses melewati serangkaian tes yang cukup berat. Adalah program pertukaran pelajar yang dilaksanakan oleh Rotary Club dan American Field service (AFS) yang menghantarkan mereka kenal luar negeri lebih jauh.

Bagaimanapun, semua prestasi yang telah diraih patut disyukuri sebagai karunia dari Tuhan. Dan tentu saja seluruh keluarga besar SMUN I CISARUA perlu bekerja keras untuk meningkatkan prestasi diberbagai bidang sesuai dengan kemampuan, sehingga kita dapat memajukan sekolah kit atercinta untuk terus menjadi lebih baik.

No comments: