Pages

Tuesday, June 27, 2006

INFAQ

Taukah kita bahwa Allah senantiasa mengingatkan kita untuk selalu beribadah kepada-Nya.
Diantara banyak hal yang selalu diingatkan Allah diantaranya adalah bersedekah atawa berinfak dan yang sejenisnya.
begitu besar ganjaran yang Allah berikan bagi kita yang mau berinfak dan bersedekah.
pernah dengar ayat yang.......atawa hadis yang bunyinya.......

dari Bukhari-Muslim "Barangsiapa yang bersedekah sebesar biji kurma dari usahanya yang baik dan Allah tidak akan menerima kecuali kebaikan, maka sesungguhnya Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya. Kemudian Allah akan melipat gandakan ganjaran orang itu seperti anak kuda yang kamu pelihara, hingga ganjarannyaitu sebesar gunung."
dari Bukhori-Muslim "Tangan diatas adalah lebih baik dari pada tangan di bawah. Dan tangan yang diatas yaitu yang memberikan belanja, sedangkan tangan yang di bawah yaitu yang meminta / mengemis."

nah itu merupakan peringatan dari Allah agar senantiasa kita beribadah kepadanya secara tekstual, yakni melalui naskh Quran dan hadis. Secara langsung Allah menegur kita melalui anak kecil yang menadahkan tangannya di bus kepada kita, ibu/nenek tua yang bersila di tepi jalan, orang cacat, tunanetra dan sebagainya yang banyak berada diberbagai tempat, belum lagi bila kita ada di suatu organisasi, instansi selalu ada secara rutinnya dimana diadakan hari peringatan yang didalamnya diingatkan kita untuk berinfak. Di mesjid pun selalu ada peringatan agar kita berinfak, Kotak-kotak berjalan? yah benar. Apakah kita akan pura-pura tidak melihat jika di sekeliling kita masih banyak orang orang yang tidak mampu, kita pura-pura merogoh kantong tapi tidak mengeluarkan isinya, pura-pura tidur saat kotak melewati tempat kita bersila.
Apa sih artinya uang lima ratusan atau berapapun di banding dengan ridhonya Allah? kadang kita merasa berat untuk memberikan limaratusan yang kita miliki kepada pengemis di jalanan, begitu berat meletakan ribuan kita kedalam kotak di mesjid, begitu berat menyisihkan 'uang kecil' yang kita peroleh kepada hal-hal yang bernilai ibadah.
Duit-duit gua, yang nyari gua apa hubungannya sama mereka.
Makanya kerja dong, cari kerja jangan minta-minta mulu.
Enak aja luh minta gua setengah mati nyari eeeh elu tinggal nemeng doang.
iya nih gua kasih, tapi udah luh jangan minta-minta mulu, sadar dong!

yah mungkin itu yang biasa keluar dari lisan kita. Padahal uang sekecil itu di tangan kita merupakan sesuatu yang amat bernilai bagi mereka, sungguh nilanya tuh amat besar bagi mereka. sekali lagi amat berharga bagi mereka. Mereka merupakan peringatan kepada kita agar kita lebih bersikap dermawan, mau berbagi

oke, yo jadi dermawan, kalo ga bisa jadi dermawan yg gede-gedean yah yang kecil-kecilan juga gpplah
oke

No comments: