Pages

Wednesday, July 21, 2010

Informal Leader

Dalam kehidupan berorganisasi kerapkali struktur-struktur kepemimpinan yang telah ditetapkan secara legal formal kalah oleh kepemimpinan yang sifatnya tidak terstruktur, tidak legal atau dengan kata lain informal. Informal Leader barangkali itu istilah yang tepat unutk mengartikan kondisi dimaksud. Bentuk dari kepemimpinan informal adalah bias, tidak teratur namun kuat dan efektif.
Situasi dan kondisi sering menyebabkan sosok-sosok seperti ini tidak menempati posisinya, tidak berada pada posisi memimpin seperti naluriahnya. Dilahirkan untuk memipin barangkali ini istilah yang tepat untuk menggambarkan informal leadership. Tidak memerlukan media-media formal untuk menunjukan kekuasaanya. Bentuk dari kepemimpinan jenis ini bisa bermacam-macam, lingkup dan areanya pun bisa dimana saja dan kapan saja.

Dalam pemerintahan, organisasi-organisasi kemasyarakatan, partai politik, lingkungan kampus dan sekolah, masyarakat umum dan tempat-tempat lainnya informal leader muncul. Membentuk koloni-koloni tanpa identitas yang mampu bergerak secara efektif dan efisien. Pemimpin jenis ini pendapatnya didengar, perbuatannya kerap kali ditiru atau minimal dijadikan acuan serta parameter bagi yang lain. Hal inilah yang menyebabkan posisi informal leader kuat serta menentukan arah dari suatu organisasi.

Contoh informal leadership barangkali dapat kita lihat dilingkungan masing-masing. Di kantor misalnya, selain ada pemimpin-pemimpin mulai dari eselon IV hingga level Menteri juga banyak terdapat pemimpin-peminpin informal yang mampu merangkul, meraih simpati serta dapat menggerakan pegawai lainnya. Dalam suatu tim sepakbola istilah ini juga ditemukan. Dalam suatu tim ada pelatih, asisiten pelatih, kapten dan wakil kapten selain yang disebutkan tersebut ada pemain-pemain yang memiliki kharisma sebagai informal leader, yang pendapatnya di dengar serta disegani oleh rekan satu tim.

Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya salah satunya adalah dengan tercipta suatu sinergi antara pemimpin-pemimpin formal dengan pemimpin-pemimpin informal. Sinergi keduanya akan menciptakan suatu energi dahsyat untuk membuat organisasi lebih maju. Sebaliknya kegagalan suatu organisasi tidak bisa dilepaskan dari tidak terciptanya sinergi antara pemimpin formal dan informal.

Be informal Leader?

No comments: