Pages

Monday, March 12, 2012

Book Service Delivery @kemenkeulib dan Resensi


Akhir-akhir ini lagi suka berbagi bahan bacaan di blog ini. Sebagai lanjutan dari aktivitas minjam buku di perpus yang kemudian dibaca. Belakangan ini makin intens berkunjung ke perpustakaan Kementrian Keuangan secara online tentunya untuk mengakses berbagai sumber yang sangat-sangat bagus baik Online Buletin, Hard Book maupun koleksi Ebook nya yang lengkap.
Perpustakaan Kementrian Keuangan online dapat diakses di http://www.perpustakaan.depkeu.go.id/ dan @kemenkeulib. buat saya Perpus ini kreatif dan sangat inovatif. Mulai dari tata ruang di lokasi berada sampai dengan jumlah koleksi yang dimiliki. Terkahir ada sebuah layanan yang disebut Book Service Delivery (BSD).
Mengutip ruang lingkup layanan BSD dalam FanPage FB, dapat disebutkan sebagai berikut:
Layanan ini untuk menanggapi kesibukan dari stakeholders Perpustakaan Kementerian Keuangan yang tidak dapat datang langsung ke Perpustakaan untuk meminjam atau mengembalikan buku. Selain itu, layanan ini juga dapat dimanfaatkan apabila stakeholders ingin menghibahkan buku koleksi pribadinya menjadi koleksi Perpustakaan Kementerian Keuangan.
Pada kesempatan yang lalu telah diujicobakan pada bulan Februari 2012 dan hasilnya beberapa pengguna mengapresiasi baik dan menggunakan layanan ini. Oleh karena itu di Maret 2012 hingga waktu yang tidak dapat ditentukan, kami membuka kembali layanan ini secara rutin setiap hari kerja dari Senin - Jumat pada pukul 09.00 – 11.00 WIB dan 14.00 – 16.00 WIB.
Untuk sekedar informasi Layanan ini khusus diperuntukkan bagi stakeholders Perpustakaan Kementerian Keuangan yang berada di sekitar Kompleks Kementerian Keuangan Pusat, Jl. Dr. Wahidin Raya – Lapangan Banteng. Caranya sangat mudah, tinggal menghubungi kami di internal 6543 atau eksternal (021) 3450921 dan buku pesanan/pinjaman akan diantar dan atau dijemput pada waktu yang telah ditentukan tersebut.”  

Suatu ide briliant yang patut diapresiasi dan didukung. 
Nah, dari situlah aktifitas membuat catatan resensi terus berkibar. Setelah minjam, baca, apalagi kalo bukan share dan mengambil hikmah dari apa-apa yang dibaca.
Untuk meresensi motivasinya hanya 2.
Pertama, Niatan tuk share sesuatu yang bagus untuk dibaca.
Kedua, sekedar sebagai catatan pribadi atas apa-apa yang sudah dibaca. Idealnya jadi catatan poin-poin penting dari sebuah buku.
Masih jauh dari kata layak untuk disebut sebagai sebuah resensi. Namun tidak mengurangi niatan berbagi. Akan ada proses perbaikan untuk menulis resensi yang baik.
Tetap membaca dan berbagi itu intinya.

No comments: