Pages

Monday, October 26, 2015

STIA LAN Jakarta


Ini cerita tentang almamater saya, STIA LAN Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Kampus Jakarta. Mengapa Jakarta? Ada 2 kampus lagi di Makasar dan Bandung.
Ke temen-temen Saia biasa bilang, ini kampus terbaik dari yang terbaik! 100% lulusannya di terima di dunia kerja!! Utamanya di Pemerintah Pusat dan daerah juga di BUMN/BUMD. Keren kan? 
Jurusan ada beberapa, tergantung tahun sih. Aslinya sesuai dengan bidang keilmuan pokok yakni Administrasi. Spesialisasinya bisa Perusahaan Publik, Keuangan Negara, Kebijakan Publik maupun Pemerintahan Daerah.
Ada 2 hal menarik yang ditawarkan dan terasa manfaatnya buat saia.


Pertama, Strategic Thinking. Ini tidak lain berasal dari disiplin ilmu yang dipelajari, yakni seputar administrasi dan manajemen. Berpikir strategic dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam pekerjaan sangat diperlukan. Dalam hal ini kita mampu untuk melihat melalui sudut pandang lain suatu permasalahan, pada akhirnya memberi warna lain dalam mencari solusi. Tentu saja unsur-unsur yang dipelajari dalam dunia administrasi dan manajemen sangat berperan dalam pengambilan keputusan.
Jadi, tidak akan tidak bermanfaat ilmu yang dipelajari dikampus ini.
Kedua, Critical Thinking. Ini berasal dari tugas membuat makalah/paper per mata kuliah per semester.
Kedodoran pas awal-awal mendapat tugas membuat makalah. Disana dipelajari bagaimana merumuskan suatu permasalahan dari hal-hal yang mungkin bukan sesuatu sumber masalah. Kemudian diperkenalkan bagaimana mengemas masalah tersebut untuk dapat dijual, pada akhirnya memberi cara bagaimana masalah tersebut dapat diselesaikan. Amat menarik, di blog sebelah (http://sepatanpaper.blogspot.co.id) saia mem-publish beberapa paper dalam masa belajar tersebut. Juga beberapa tulisan lain diluar konteks perkuliahan.

24 Oktober lalu baru selesai, ditandai dengan penyematan Lencana+Toga Strata 1 dan foto bersama. Alhamdulillah, lulus juga.
Ini beberapa penampakan foto-fotonya:

Ini mengapit mahasiswi terbaik jurusan Kebijakan Publik, perwakilan dari MOF juga, Fitri Susanti.



Kawan Seperjuangan Hadi Sufiyanto, sebenernya ada seorang lagi, Heri Keswanto, doi kesiangan bangun jadi ga ikut Wisuda :P
 
Penampakan kampusnya, kurang lebih begini.




Offical address bisa di-contact kesini:
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara(STIA LAN) Jakarta
Jl. Administasi II, Pejompongan, Jakarta Pusat 10260
Tel : (021) 532-6726, 5347085 (ext. 119), 532-9996
HP : 081210733634/087776516875 (Fida)
Fax : (021) 5329996, 53674562
Web : www.stialan.ac.id

That’s STIA LAN Jakarta, Wonderful Campus.

No comments: