Pages

Wednesday, June 19, 2013

Me, Plagiat?


Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri[1]. Setuju dengan definisi tersebut.
Saya ingin menyampaikan bahwa secara pribadi saya enggan berhubungan dengan plagiarisme khususnya dalam sekecil apapun dari yang saya tulis.

Catatan saya mengenai tulisan terindikasi plagiarisme:
  1. Tulisan yang tidak orisinal itu bikin malu
  2. Punya pengalaman tidak enak dengan karya tulis yang diklaim oleh orang lain
  3. Lebih menyukai mengedepankan ide sendiri untuk tulisan sendiri

Buat saya menulis itu adalah rasa. Kepuasan, kesenangan, sekresi, juga relaksasi ada disitu.

Jadi bagaimana kenikmatan seperti itu diciderai oleh plagiarisme?

Bahkan untuk template sms lebaran pun saia membuat sendiri! :)

Saat ini saya terus memperbaiki cara menulis, diversitas tulisan serta kaidah-kaidah terkait dengan plagiarisme. Dimasa lalu mungkin sangat banyak tertera dalam tulisan saya hal-hal yang berkaitan dengan plagiarisme. Saya sampaikan, tidak ada unsur kesengajaan untuk melakukan itu, ketidaktahuan serta kealfaan saya hingga hal tersebut terjadi.




[1] Wikipedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme online 20 juni 2013

No comments: